Ecopedia Berikan Pelatihan Membuat Ecobrick di SDN Cijahe Curug Kota Bogor

BOGOR-WARTABOGOR.id- Gerakan membuat Ecobrick terus di sosialisasikan oleh tim Ecopedia Foundation baik kepada dunia pendidikan maupun kepada masyarakat secara umum, Ecobrick mampu menyulap sampah plastik menjadi benda artistik.

“orang yang suka akan kebersihan tentu tidak tahan dengan suasana yang kotor dan tidak rapi,sedangkan masyarakat secara umum masih memandang bahwa sampah itu kotor, maka kami terus mensosialisasikan Ecobrick ini kepada masyarakat” ungkap kang Ginz dari tim Ecopedia, Minggu (02/02).

“Sosialisasi serta pelatihan membuat Ecobrick kepada siswa siswi Sekolah Dasar ini dampaknya akan besar baik kepada lingkungan sekolah maupun lingkungan dimana mereka tinggal, karena mereka nantinya akan membawa botol plastik sebagai tempat sampah yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga dimanapun mereka jajan berkemasan plastik bisa dimasukan kedalam botol plastik itu sampai penuh” kata Elan menambahkan.

Lain halnya dengan kang Darga yang menyampaikan bahwa sampah-sampah residu tersebut tetap bisa bernilai ekonomi jika kita mau menyikapinya dengan bijak, yaitu dengan membuat Ecobrick. Dari Ecobrick inilah bisa menjadi karya yang lebih menarik.

Kecintaan dan keprihatihan Ecopedia Foundation terhadap lingkungan mendorong untuk terus melakukan pelatihan termasuk ke SDN Cijahe Curug Kota Bogor ini. Sebagai mana kita ketahui bahwa hampir semua sampah plastik tersebut susah terurai oleh mikro organisme, sehingga akan mengotori bumi hingga ratusan tahun.

“Harapan kami kedepan siswa-siswi SDN Cijahe Curug Kota Bogor mampu dan terbiasa untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, bisa menjaga lingkungan agar tidak tercemar oleh sampah khususnya anorganik yang sangat sulit terurai”ungkap Teguh Dyah Hertrianingrum, Kepala SDN Cijahe Curug.