SDN Cimahpar 3 Adakan Sosialisasi Penanganan Sampah

BOGOR-WARTABOGOR.id – Sabtu, 1 Februari 2020, bertempat di SD Negeri Cimahpar 3, Jl. Guru Muchtar No. 1, Kel. Cimahpar Kec. Bogor Utara Kota Bogor,dilaksanakan Sosialisasi Cara Penanganan Sampah kepada guru, orang tua serta komite sekolah oleh Ecopedia Foundation.

Tim Ecopedia Foundation, sebagai salah satu penggerak peduli lingkungan di Kota Bogor,  Kang Ginz, Kang Elan dan Kang Darga dalam sosialisasi ini dihadiri oleh kepala sekolah perwakilan komite sekolah, para guru dan orang tua siswa.

“Menginginkan adanya kerjasama antara orang tua siswa/i dengan para guru untuk membuat suatu karya dari bahan-bahan yang berhubungan dengan lingkungan sekitar, contohnya ecobrick khusus khusus untuk sekolah yang akan dibentuk menjadi icon sekolah seperti nama SD Cimahpar 3 atau I love Cimahpar 3“ujar Hj. Dede Suryani. SPd. Kepala Sekolah SDN Cimahpar 3 Kota Bogor.

“Selain itu kami Ingin rencananya akan mengumpulkan minyak jelantah kerjasama dengan Ecopedia Foundation, dari minyak jelantah tersebut mudah-mudahan ada penghasilan tambahan baik untuk orang tua siswa maupun komite sekolah.” tambah Dede Suryani

Partisipasi setiap pihak sangat diperlukan untuk menangani masalah sampah, terutama sumber sampah di rumah tangga, dengan cara penanganan baik dari sumbernya menurut Ecopedia Foundation ialah dengan cara Cegah, Pilah dan Olah Sampah.

Cegah adalah prioritas utama dari ketiga langkah, dikarenakan dengan pencegahan kita akan menurunkan secara signifikan jumlah sampah yangdihasilkan, Pilah ialah suatu upaya dimana ibu-ibu untuk membedakan mana sampah organik dan sampah non organik, sampah organik yang dapat dikelola sebagai  pakan hewan, pupuk dan lain sebagainya.

Olah merupakan upaya kreatif dalam menangani sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ekonomis. Sehingga dengan demikian dapat bersama-sama menjadikan lingkungan yang semakin sehat, bersih dan nyaman bagi masyarakat itu sendiri.