Lewat Puisi Selembar Daun Pisang, Mahasiswa Polbangtan Bogor Raih Prestasi Tingkat Nasional

BOGOR-WARTABOGOR.id –  Menulis adalah salah satu cara seseorang dalam mengekspresikan sesuatu. Kini hobi menulis bukan hanya sekedar hobi melainkan dapat membawa dampak positif. Hal ini dibuktikan oleh Ade Putra, mahasiswa Program studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor yang kembali menorehkan prestasi gemilang dalam ajang lomba menulis puisi tingkat nasional 2020. Lomba tersebut di selengarakan secara online oleh Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia pada 14 Maret 2020. FAM Indonesia adalah sebuah organisasi yang bertujuan untuk menyebarkan semangat cinta menulis di kalangan generasi muda, khususnya siswa sekolah sampai dengan mahasiswa. FAM Indonesia sendiri berpusat di Pare, Kediri Provinsi Jawa Timur dan kini telah memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia.

 Kegiatan tersebut diikuti oleh 1.000 peserta, kemudian diseleksi hingga didapatkan 8 peserta terbaik, dan dalam lomba ini tidak mengenal juara 1,2 dan 3 “Karena kami semua para juara kata panitianya” ungkap Ade. “Nanti, jika ada pihak yang tertarik dengan tulisan kita, maka bisa dipanggil untuk jadi widayswara tentang cara menulis puisi yang baik dan indah itu seperti apa, dan sekalian promosi buku,” tambahnya.

Selain piagam perhargaan, reward yang didapat dalam lomba ini salah satunya adalah karya puisi yang telah dibuat akan dibukukan bersama dengan karya puisi dari para pemenang lainnya diseluruh Indonesia dengan judul “Selembar Daun Pisang” dan para pemenang mendapatkan royaliti dari penjualan buku tersebut serta dapat bekerja sama untuk jadi penulis.

Ini merupakan ajang kedua yang diikuti oleh Ade, setelah pekan lalu menjadi juara dalam kegiatan yang sama, yaitu menulis puisi tingkat nasional, Januari 2020 dan karyanya pun di tuangkan dalam buku berjudul “Misteri Jodoh” informasi mengenai lomba – lomba menulis puisi secara online ini didapatkan Ade dengan mengulik dari sosial media, khusunya Instagram. Menurutnya, ada banyak sekali informasi mengenai lomba menulis, baik itu puisi, blog, essay, cerpen dan quotes. Ini adalah kesempatan dan langkah awal untuk mengembangkan hobi dan bakat menulis.

Prestasi Ade juga diraih atas dorongan dan dukungan dari Drh Endang Endrakasih M,Si selaku Dosen Polbangtan Bogor. Ade pun mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen Bahasa Indonesia idolanya. “Saya merasa bangga dapat mengharumkan nama Polbangtan Bogor untuk kedua kalinya”, ujarnya.

Menurutnya, menulis adalah hal yang menyenangkan. “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis maka ia akan hilang di telan sejarah,” ungkap Ade.

Pewarta : Nunung Rahmawati