Tue. Jan 28th, 2020

Mahasiswa Polbangtan Bogor Siap Dampingi Petani di Perbatasan


BOGOR-WARTABOGOR.id – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Mahasiswa dalam rangka peningkatan komoditas strategis pertanian di Aula kampus Cibalagung Kamis – Sabtu (12-14/05). Acara diikuti oleh mahasiswa tingkat III Jurusan Pertanian dan Jurusan Peternakan.

Ketua panitia bimtek, Rudi Hartono, SST., MP menuturkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai pembekalan untuk mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) II.

“Mahasiswa nantinya akan kami bagi untuk pendampingan beberapa program seperti Optimalisasi Alat mesin Pertanian (OPSIN), Luas Tambah Tanam (LTT), Demfarm Korporasi Pertanian, Program Selamatkan rawa Sejahterakan Petani (SERASI), dan pendampingan petani di daerah perbatasan Kapuas Hulu Kalimantan Barat,” jelas Rudi.

Mewakili Direktur Polbangtan Bogor, Wadir I Dr. Tri Ratna Saridewi, S.Pi., M.Si membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya Dr. Dewi menuturkan bahwa PKL II tahun ini sangat istimewa karena mahasiswa tidak hanya melaksanakan pendampingan di Jawa Barat saja.

Selain pendampingan petani di perbatasan Kalimantan Barat, mahasiswa juga mendampingi program SERASI di daerah rawa Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan,” imbuhnya.

Bimtek digelar selama tiga hari dengan menghadirkan nara sumber dari luar seperti Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Kepala Biro Perencanan Kementerian Pertanian, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat, dan Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat.

Sementara peserta program SERASI melanjutkan bimtek di Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Jakarta dan langsung diberangkatkan menuju Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan.

-Ar-