Wed. Jan 22nd, 2020

Perpustakaan Polbangtan Bogor Luncurkan Alamat Baru e-Library


BOGOR-WARTABOGOR.id –  Perguruan tinggi sebagai wahana ideal untuk menciptakan masyarakat belajar memerlukan perpustakaan sebagai suatu unsur penunjang tercapainya tujuan perguruan tinggi. Keberadaan perpustakaan di setiap perguruan tinggi sangat penting dalam menunjang program tridharma perguruan tinggi. Dalam rangka mendukung hal tersebut Perpustakaan Polbangtan Bogor meluncurkan layanan e-Library dalam bentuk katalog online yang bisa diakses melalui website yang terintgrasi dengan website Polbangtan Bogor. Setelah melawati masa migrasi dari alamat sebelumnya yakni perpustakaan.stpp-bogor.ac.id, saat ini e-library perpustakaan Polbangtan Bogor memiliki alamat baru di http://perpustakaan.polbangtan-bogor.ac.id/ Melalui katalog online ini pengguna dapat mencari koleksi berdasarkan judul, topik atau pengarang buku yang ingin dicari. Data-data bibliografi mengenai judul, pengarang, penerbit, edisi, tahun terbit, kota terbit, subjek dari koleksi dapat diketahui termasuk foto halaman buku dimaksud.

Pustakawan Polbangtan Bogor, Rasmira, S.Sos mengatakan ada ribuan koleksi yang telah terdata ke dalam http://perpustakaan.polbangtan-bogor.ac.id/ dengan topik beragam terutama bidang pertanian, ilmu sosial, bahasa, ekonomi, teknologi, dan beragam topik lainnya.

“Angka ini tentu akan terus bertambah karena proses entri data masih terus dilakukan seiring dengan bertambahnya pengadaan buku Polbangtan Bogor tahun 2019  ditambah dengan koleksi sebelumnya, buku-buku hibah dari alumni, pensiunan dan pegawai Polbangtan Bogor,” imbuhnya.

Aplikasi yang digunakan dalam menyusun katalog online ini sama dengan yang dipakai oleh BPPSDMP kementerian pertanian dan UPT di bawah BPPSDMP untuk mendukung terwujudnya katalog bersama badan SDM pertanian yang saat ini beralamat di http://lib.bppsdmp.pertanian.go.id/ucs/ Semoga penyegaran website baru e-Library perpustakaan Polbangtan Bogor dapat membantu terlaksananya tridharma perguruan tinggi di Polbangtan Bogor terkait pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

-Ar-