Tue. Jan 28th, 2020

Polbangtan Bogor Ikuti SV-IPB Summer Course 2019

BOGOR-WARTABOGOR.id – Sepuluh orang mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor berkesempatan mengikuti Sekolah Vokasi (SV) – IPB Summer Course “Improving The Sustainability of Tropical Animal Production” atauMeningkatkan Keberlanjutan Produksi Hewan Ternak Tropis”, 8 – 12 April di kampus SV-IPB  Babakan, Bogor Tengah. Acara ini digelar sebagai bentuk kerja sama antara SV – IPB dengan Melbourne Polytechnic dalam hal pertukaran ilmu peternakan, pertanian, dan perkudaan antara Indonesia dengan Australia

Septian Permana Putra, salah seorang mahasiswa Polbangtan Bogor mengatakan kegiatan ini dibagi menjadi dua tahapan, di mana hari pertama seminar pembukaan dan hari ke-2 sampai dengan selesai merupakan inti acara.

“Dengan digelarnya acara ini kedepannya mahasiswa dan dosen pengajar dapat membuka wawasannya lebih luas mengenai keberlanjutan sistem produksi di bidang pertanian, peternakan, dan perkudaan dan peluang kerja sama dari masing-masing negara” jelas Septian.

Lebih lanjut, Septian mengatakan peserta yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya adalah mahasiswa dari IPB, Melbourne Polytechnic (Australia), VHL University (Belanda), serta POLBANGTAN Bogor dan Magelang.

Hari pertama kegiatan diisi dengan seminar dari beberapa pemateri luar negeri seperti: Prof. Alain Rival (Resident Regional Director for SouthEast Asian Island Countries – CIRAD), Prof. Masakazu Komatsuzaki (Director of Field Science Center Ibaraki University), Catherine Kirk (Melbourne Polytechnic), dan Jack Hetherington (Adelaide University).

Hari kedua sampai dengan selesai diisi dengan acara yang lebih bervariatif seperti kunjungan ke beberapa lokasi praktek mahasiswa sekolah vokasi IPB (klinik hewan, kolam ikan, kandang ternak sapi dan kambing, rumah pemotongan ayam dan sapi, close house), berkunjung ke tempat peternakan dan pelatihan kuda Polo Club Nusantara, sampai dengan museum kepresidenan Republik Indonesia, dan pastinya kuliah umum oleh pemateri dari IPB.            

Dr. Pria Sembada, S.Pt., M.Sc., M.Si, ketua pelaksana  Summer course 2019 menutup acara secara resmi pada Jum’at siang (12/04) dengan menyerahkan plakat kepada perwakilan  Melbourne Polytechnic dan pembagian sertifikat kepada para peserta kegiatan.

-Ar-