Tingkatkan Mutu dan Kualitas Pendidikan, Polbangtan Bogor Siapkan Asesmen Lapangan

BOGOR–WARTABOGOR.id – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), terus berupaya mewujudkan pertanian Indonesia semakin maju mandiri dan modern melalui pendidikan vokasi pertanian untuk menghadirkan banyak petani milenial sekaligus regenerasi petani. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam berbagai kesempatan menyebutkan, “Kita akan terus berusaha mencetak SDM Pertanian handal meneruskan dan mengisi pembangunan pertanian”, jelasnya.

Senada dengan arahan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa mesin cetak SDM unggulan ada di Lembaga Pendidikan. Kementerian Pertanian punya Lembaga Pendidikan vokasi. “Pengembangan pendidikan vokasi menjadi kunci. Sebab lewat pendidikan vokasi ini bisa banyak lahir petani milenial. Output dari pendidikan vokasi adalah qualified job creator dan job seeke,” ungkanya.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan vokasi dibawah BPPSDMP, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor selalu berupaya meningkatkan mutu kualitas pendidikan, salah satunya melalui akreditasi Program Studi.

Pekan ini Program Studi Agribisnis Hortikultura (AGH) Jurusan Pertanian Polbangtan Bogor bersiap melaksanakan asesmen lapangan secara daring oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) selama dua hari (1-2/02).

Direktur Polbangtan Bogor Siswoyo menyatakan kesiapannya melaksanakan asesmen lapangan. Ia bersama Wakil Direktur (Wadir) I, Ketua Jurusan, dan Ketua Prodi AGH telah menyiapkan segala sesuatu dengan matang. “Kami juga dibantu oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM), teman-teman dosen dan sivitas akademika Polbangtan Bogor demi suksesnya asesmen ini, ungkapnya.

Senada denga Direktur, Wadir I Tri Ratna Saridewi menuturkan bahwa telah menyiapkan instrument asesmen dan tim yang solid dalam rangka akreditasi Prodi AGH. “Pihak BAN-PT juga telah mengkonfirmasi akan mengirimkan dua orang asesor untuk melaksanakan asesmen  tanggal 1 dan 2 Februari nanti,” imbuhnya.

“Mudah-mudahan asesmen lapangan berjalan lancar dan hasilnya memuaskan,” pungkasnya.

 

Pewarta : Arif Prastiyanto

Sumber : Polbangtan Bogor