Delegasi Polbangtan Bogor Ikuti Rakernas FOKRI PTK di STTD Bekasi

BEKASI-WARTABOGOR.id – Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) kepengurusan 2019/2020 Majelis Syuro’ dan Senat Forum Kerjasama Rohani Islam Perguruan Tinggi Kedinasan (FOKRI PTK) sukses dilaksanakan di Bekasi kampus Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD, Sabtu (18/01).

Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) ini diselenggarakan sebagai Langkah awal untuk merancang atau menyusun program kerja semua bidang dan memfokuskan atau menegaskan kembali Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) masing-masing anggota, Sebelumnya telah dilaksanakan Pra Rakernas sekaligus Pelantikan Pengurus Majelis Syuro’ maupun Senat FOKRI PTK. Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Program kepengurusan sebelumnya merupakan salah satu tujuan rakernas tersebut, selain itu kami menyatukan pikiran atau berdiskusi untuk merancang kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya sekaligus menyusun kebutuhan biaya masing-masing kegiatan.

Rakernas melibatkan banyak elemen didalamnya, diantaranya beberapa delegasi yang berasal dari LDK masing-masing PTK, Pembina Rohis STTD, Ketua Rohis STTD.

Tri Bagus Saputra, selaku Ketua Pelaksana Rakernas 2020 ini berharap agar FOKRI ini jangan hanya menjadi tempat perkumpulan namun juga jadi ajang silaturahim tidak hanya dikampus namun juga di lingkungan pekerjaan lainnya.

Sebelum pelaksanaan Rakernas, FOKRI PTK telah mengunjungi Kementerian Agama dengan tujuan untuk menjalin kerjasama sekaligus pengakuan resmi FOKRI PTK, setelah berdiskusi dengan Bapak H. Ramli Masenge selaku Kepala Subdit Kemitraan Umat Islam, Alhamdulillah legalisasi FOKRI PTK sedang diproses. Legalitas FOKRI PTK ditandai dengan adanya Surat Keputusan dari Kementerian Agama yang akan dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Humas dan Syiar.

Ketua Senat FOKRI PTK, Kafie Achmad Aviev berharap jika nanti Surat Keputusan tersebut telah dikeluarkan maka akan diteruskan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan tujuan memudahkan koordinasi mengenai hal-hal yang terkait dan yang dibutuhkan oleh FOKRI PTK ini.

“Adanya FOKRI PTK ini harapannya dapat merangkai hubungan silaturahim jangan sampai putus sampai disini, selalu bervealuasi kedepannya karena FOKRI PTK adalah amanah dakwah dari senior agar menaga dapat menjaga hubungan silaturahim dan persahabatan juga tetap menjadi generasi bangsa yang berintegritas” tutur Aldi yang diutarakan dalam sambutannya. 

Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) 2020 dipimpin oleh Fasha Maulana (Polbangtan Bogor) selaku Wakil Ketua Senat FOKRI, Rakernas dilaksanakan dengan membuka Sidang Pleno yang membahas mengenai pemaparan tiap bidang tentang beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya, adapun hasil yang didapat yakni untuk Bidang Kesehatan (Festival Kesehatan), Bidang Pendidikan (Goes To School), Bidang Syiar (Seminar Kepemimpinan ala Rasulullah), Bidang Sosial (FOKRI Peduli, Ikhlas FOKRI), Bidang Nisa (Akhwat Sharing, Akhwat Berkarya, Akhwat Care, Akhwat Day). Selain itu kami juga berdiskusi mengenai event besar yang akan kami laksanakan sebentar lagi yakni FOKRI GAMES yang bertempat di Politeknik Keuangan Negara-STAN dengan mengangkat tema Bekerja bersama ciptakan kejayaan Islam Indonesia.

FOKRI GAMES bertujuan untuk mempererat silaturahim antar anggota LDK masing-masing PTK, adapun beberapa cabang lomba yakni MTQ, MHQ, Da’I, Puitisasi Alqur’an, Kaligrafi, Lomba Cerdas Cermat, Adzan, Essay, Poster, Fotografi, Film Pendek dan Panahan. Dalam FOKRI GAMES ini juga akan dilaksanakan Tabligh Akbar, Islamic Book Fair, dan Bazar dari beberapa UKM yang ada di PKN-STAN.

Aldi Prayoga (Polbangtan Bogor) selaku Ketua Majelis Syuro’ berharap untuk kedepannya FOKRI PTK bisa meneruskan Amanah Dakwah yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dengan meningkatkan atau merajut ukhuwah islamiyah antar PTK di Indonesia dan bisa menjadi generasi bangsa yang berintegritas dengan menerapkan dan menebarkan dakwah islamiyah dikampus PTK masing masing serta dapat mengajak mahasiswa lingkungan kampus untuk sama-sama menjadi generasi yang islami.

Reporter : Aida Maudy

Editor : Ar