Gandeng Kemendikbud, Pusdiktan Sosialisikan PAK ke Polbangtan Bogor

BOGOR-WARTABOGOR.id – Sebagaimana telah dikatakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL)  untuk mengoptimalkan sektor pertanian ke depan tidak lepas dari peran pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Demikian juga dengan komitmen Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) dan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dosen maupun tenaga kependidikan.

Pusdiktan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hari ini (24/02) menggelar sosialisasi Penilaian Angka Kredit (PAK) Dosen di Kampus Cibalagung. Kepala Subbidang Ketenagaan Pendidikan Pusdiktan Kodrat Winarno mendampingi narasumber dari Kemendikbud Andrianto Santoso.

Mewakili Direktur Polbangtan, Wakil Direktur Tri Ratna Saridewi membuka acara. Dalam sambutannya, Dewi mengungkapkan rasa gembiranya atas kedatangan Pusdiktan dan Kemendikbud. “Out put dari kegiatan ini diharapkan ada kejelasan karir bagi dosen Polbangtan Bogor, sebaliknya para dosen memperhatikan persyaratan terkait angka kredit dan kenaikan pangkatnya,” ungkapnya.

Kodrat Winarno mewakili Kapusdiktan memberikan sambutan. Dirinya mengatakan bahwa sosilaisasi ini digelar sebagai tindak lanjut revisi Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat. “Saya berharap semoga ini menjadi momen untuk menyamakan persepsi terkait Penilaian Angka Kredit Dosen khususnya di Polbangtan Bogor,” ucapnya.

Andrianto Santoso, narasumber dari Kemendikbud mempresentasikan tentang Karir Dosen serta Penilaian Angka Kreditnya. Dirinya mengatakan bahwa ada dua unsur kegiatan yang dinilai dalam pemberian angka kredit, unsur utama dan unsur penunjang. “ Unsur utama terdiri dari: pendidikan sekolah, pelaksanaan pendidikan, pelaksanaan penelitian, dan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Andrianto.

“Yang termasuk dalam unsur penunjang adalah kegiatan pendukung pelaksanaan tugas jabatan akademik dosen,” lanjutnya.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para dosen untuk menggali lebih jauh lagi informasi seputar PAK dan jabatan akademik.

Pewarta : Arif Prastiyanto

Editor : Ar