Uji Kemampuan Pertanian Organik, Petani Milenial Polbangtan Bogor Ikuti Sertifikasi

BOGOR-WARTABOGOR.id – Sebagaimana telah dikatakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL)  untuk mengoptimalkan sektor pertanian ke depan tidak lepas dari peran pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Demikian juga dengan komitmen Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor untuk menghasilkan petani milenial selain sebagai job creator juga sebagai job seeker.

Tiga hari ini (19-21/02) telah dilaksanakan sertifikasi kompetensi fasilitator organik pertanian bagi 120 petani milenial semester VIII Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (PPB) Jurusan Pertanian.

Direktur Polbangtan Bogor Siswoyo membuka acara secara resmi pada upacara pembukaan di Aula Kampus Cibalagung. “Dengan mengikuti sertifikasi ini kami harapkan mahasiswa memiliki kompetensi dan mampu bersaing di dunia kerja sebagai job seeker dengan bekal yang mumpuni,” tutur Siswoyo.

Dua belas asesor nasional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian melakukan asesmen selama dua hari. Koordinator asesor Jamaludin Al Afgani memberikan rangkaian agenda asesmen sebelum membagi peserta dalam enam kelompok. “Kami akan minta peserta memberikan barang bukti terkait sekitar 12 kompetensi yang harus dikuasai,” ungkap Jamal.

Koordinator panitia sertifikasi Polbangtan Bogor Kusmiyati bersama panitia lain telah berupaya mempersiapkan kegiatan ini dengan matang. “Selama kurang lebih 3 hari ini kami pandu mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan mengikuti beberapa tahapan mulai pendaftaran dan pengajuan, pra asessment, interview pra assesment, praktik dan demonstrasi, pasca assesment dan penilaian,” jelasnya.

Dosen senior Polbangtan ini juga mengatakan bahwa beberapa asesor mengungkapkan rasa puas atas kemampuan para peserta terutama saat praktik penyuluhan dan pembuatan aneka pupuk dan pestisida organik.

Pewarta : Arif Prastiyanto

Editor : Ar