Kota Wuhan Mencekam, Apa Itu Virus Corona?

BOGOR-WARTABOGOR.id-Virus Corona ditemukan pertama kali di Kota Wuhan, China. Virus ini telah menewaskan 80 orang, dan kasusnya mencapai 2.300.

Penyebaran virus diduga dari pasar hewan di Kota Wuhan. Penyebaran virus terjadi sangat cepat karena gejala yang ditimbulkan oleh virus pada penderita muncul agak lama setelah penderita terjangkit virus mematikan ini. Hal ini membuat pencegahan menjadi lebih sulit seperti yang disampaikan menteri kesehatan China.

“Orang-orang dapat menyebarkan virus sebelum gejalanya muncul, yang akan membuatnya lebih sulit untuk dibendung,” kata menteri kesehatan China, mengutip CNN International Senin (27/1/2020).

Di Jakarta, satu orang kini sedang diobservasi di Rumah Sakit Infeksi Paru (RSIP) Sulianti Saroso karena diduga terjangkit virus tersebut.

Menteri kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh guna meminimalisir potensi terinveksi virus Corona.

Kata Terawan, saat ini kemenkes kini menerapkan siaga satu terhadap virus corona untuk mencegah penyebaran virus yang berasal dari China tersebut masuk ke Indonesia.

Gejala virus corona atau 2019-nCoV akan menyerang pernafasan. Pasien yang dikonfirmasi positif terinfeksi virus corona, melaporkan gejala berikut : demam, batuk, dan sesak nafas. Menurut Centers of Disease Control and Prevention (CDC), pasien yang terinveksi corona virus akan menderita penyakit pernafasan ringan hingga berat.

Gejala Virus Corona

CDC menyatakan gejala akan muncul dalam 2 hingga 14 hari setelah pasien terpapar virus corona. Kesimpulan ini berdasarkan pada masa inkubasi virus MERS. Bagi orang yang mengalami gejala virus corona sebagaimana disebutkan di atas, sebaiknya menghubungi pelayanan kesehatan terdekat.

Hingga saat ini belum ada vaksin atau pengobatan yang direkomendasikan untuk mengatasi virus corona. Orang yang terinveksi 2019-nCoV harus menerima perawatan intensif untuk membantu meringankan gejala virus corona. Jika gejala semakin parah, maka penderita harus segera mengunjungi layanan medis.

Cara Mencegah Virus Corona

Saat ini masih belum ada vaksin untuk mencegah infeksi 2019- nCoV atau virus corona. Cara terbaik untuk mencegah infeksi adalah menghindari terkena virus ini. Ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan alkohol
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci
  • Hindari kontak dengan orang yang sakit
  • Tetap di rumah saat sakit
  • Tutupi batuk atau bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah
  • Bersihkan dan disinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh

Langkah-langkah tersebut sebaiknya dilakukan setiap hari untuk membantu mencegah penyebaran virus, termasuk virus corona.

Sumber: https://tirto.id/gejala-virus-corona-atau-2019-ncov-demam-hingga-sesak-napas-eu6t

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200127081415-4-132862/sulit-dikendalikan-virus-corona-sudah-menyebar-di-13-negara