Wed. Jan 22nd, 2020

Rumah Zakat lakukan Pembinaan Terhadap Remaja

BOGOR-WARTABOGOR.id-Pembinaan terhadap remaja SMP dan SMA yang dilakukan oleh Rumah Zakat di Desa Berdaya Pamoyanan rutin dilakukan setiap pekan,mereka para peserta diberi pemahaman tentang berbagai permasalahan remaja yang sangat komplek, mulai dari bagaimana cara menghindari pergaulan bebas dan narkoba.

Setelah diberikan pemahaman tentang permasalahan-permasalahan remaja, merekapun dibina untuk melakukan ibadah-ibadah harian seperti shalat, adab terhadap orang tua,adab dalam bergaul dan membaca Al-Qur’an secara rutin. Dengan adanya pembinaan secara rutin dengan gaya bahasa mereka ini diharapkan para remaja sedikit demi sedikit lebih memahami tentang Islam sekaligus mengamalkannya dan tidak lagi meninggalkan Shalat sebagai tiangnya agama.

“Sebelum ikut pembinaan ini kadang-kadang saya suka meninggalkan shalat apalagi kalau dzuhur kan masih di sekolah, meskipun di sekolah juga ada mushalla sekarang sudah tidak lagi meninggalkan shalat”.Kata Diva yang sekarang duduk di kelas 11 SMA Yadasta Pamoyanan, Senin (20-08-2018)

Rumah Zakat lakukan Pembinaan Terhadap Remaja
Memang karena tidak dibiasakan untuk melakukan ibadah yaumiyah sehingga mereka kadang suka meninggalkan shalat,untuk itu amal ibadah yaumiyah (harian) merupakan esensi dari pembinaan remaja yang dilakukan oleh Rumah Zakat di Desa Berdaya Pamoyanan yang tidak bisa ditinggalkan. Amal ibdadah yaumiyah juga berperan sebagai fase upgrading harian, pementor ini dapat dianalogikan sebagai baterai. Jika tetap beroperasi terus menerus tanpa pernah diisi ulang (charge), maka niscaya kekuatannya akan semakin low lalu mati.

Maka dari itu pementor membuat target amal ibadah harian misalnya setiap hari shalat tepat waktu, bersedekah, baca Alqur’an minimal 5 lembar perhari,shalat dhuha dan lain sebagainya yang gunanya untuk memperbaharui kekuatan iman setiap hari.

“Pembinaan rutin setiap pekan terhadap remaja ini dilakukan satu minggu sekali untuk upgading dengan melakukan evaluasi ibadah harian, Allah SWT menyukai amal ibadah yang meski sedikit tetapi rutin dilakukan secara berkesinambungan”. kata Elan Jaelani Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat.

Penjagaan kualitas ibadah yaumiyah akan menjadikan seseorang lebih kuat dalam menghadapi permasalahan-permaslahan yang dihadapi, khususnya permasalahan remaja yang sangat kompleks. Selain itu Pembinaan ini merupakan upaya prefentif dari pergaulan bebas para remaja.
Rumah Zakat lakukan Pembinaan Terhadap Remaja