Mon. Jan 27th, 2020

Warga Antusias,Rumah Zakat berikan Pelatihan Kader Posyandu

BOGOR-WARTABOGOR.id- Pada hari ini masyarakat di RW 12 Keluranhan Pamoyanan khususnya ibu-ibu sangat antusias membawa anaknya ke Posyandu Melati RW 12 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, selain ditimbang juga mendapatkan vitamin A dan Pemberian Makanan Tambahan dari Rumah Zakat. Elan Jaelani, Relawan Inspirasi Rumah Zakat mengungkapkan bahwa Rumah Zakat melakukan pembinaan kepada kader Posyandu Melati RW 12 kelurahan Pamoyanan ini.

“Rumah Zakat terus melakukan pelatihan kepada kader Posyandu melati ini,baik pelatihan untuk membuat laporan maupun pelatihan kerelawanan agar kader Posyandu semakin semangat untuk mengabdi kepada masyarakat. Selain itu Rumah Zakat juga memberikan sarana prasarana yang mendukung kegiatan Posyandu dan memang diperlukan”. Ujar Elan Jaelani, Kamis (16-08-2018)

Warga Antusias,Rumah Zakat berikan Pelatihan Kader Posyandu
Pada kesempatan kali ini Rumah Zakat menghadirkan Bu Lilis Ketua Kader Posyandu RW 9 Kelurahan Pamoyanan untuk memberikan pelatihan membuat laporan bulanan, beliau mengungkapkan bahwa laporan ini sangat penting untuk melihat perkembangan kegiatan posyandu. ” Laporan ini sederhana tapi kadang ada beberapa posyandu suka telat karena selalu mengandalkan ketua posyandu, hari ini kita berikan pelatihan agar semuanya bisa membuat laporan”. Kata Bu Lilis.

“Dari Laporan ini Puskesmas maupun pemerintah bisa mengetahui perkembangan bayi baik dari gizinya maupun perkembangan pertumbuhannya, selain itu ibu hamil juga akan terlihat bagaimana kondisinya sampai saat ini”. Tambah bu Lilis.

Posyandu merupakan unit layanan kesehatan yang melayani masyarakat, kedepannya pemerintah mengharapkan posyandu menjadi multifungsi. Ada pelayanan kesehatan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi, lingkungan dan ada juga kebun gizi serta tanaman obat keluarga ( toga). Maka jika posyandu sudah seperti itu sudak kelihatan juga keberhasilan pelayanan Posyandu kepada masyarakat, selain melayani juga memberikan edukasi tentang berkehidupan sehat.

Dalam perkembangannya Posyandu tidak hanya buka satu bulan sekali hanya untuk melakukan penimbangan, tetapi jika sudah ada Pos Paud, maka minimal buka buka posynadunya menjadi 4 kali dalam seminggu. Apalagi jika menambah kegiatan lainnya seperti konseling remaja dan pelayanan terhadap lansia.
Warga Antusias,Rumah Zakat berikan Pelatihan Kader Posyandu