Tue. Jan 28th, 2020

Proklamasi Kemerdekaan RI 15 Agustus 1945 di Cirebon

CIREBON-WARTABOGOR.id- Tentara Jepang menyatakan menyerah kepada sekutu setelah dijatuhi bom nuklir oleh Amerika Serikat di Hiroshima dan Nagasaki pada 14 Agustus 1945, saat itu pula para pejuan Indonesia semakin gencar mempersiapkan kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti diketahui proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia adalah pada tanggal 17 Agustus tahun 1945 yang dibacakan oleh Soekarno bersama Hatta dan pejuang lainnya di Pegangsaan Timur Jakarta.

Namun siapa sangka bahwa pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sebelumnya pernah dibacakan di Kota Cirebon pada tanggal 15 Agustus 1945. Tugu Kejaksaan Cirebon menjadi saksi bisu para pejuang membacakan teks proklamasi itu. “Setidaknya ada sekitar 100 sampai dengan 150 orang hadir di tugu itu menyaksikan pembacaan teks proklamasi oleh para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia”. Kata Yoyon Suharsono anak dari salah satu pelaku sejarah Cirebon, Selasa (14-08-2018).

Proklamasi Kemerdekaan RI 15 Agustus 1945 di Cirebon
Yoyon Suharsono merupakan anak dari Sujaya salah satu pelaku sejarah Cirebon yang ikut dalam pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI di Tugu Kejaksaan Kota Cirebon. Dia mengatakan bahwa sang ayah merupakan kader tokoh bangsa Sutan Sjahrir dari PNI Pendidikan dan Anggota Pemuda SOsialis Indonesia (Pesindo).

Yoyon juga mengatakan bahwa pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan di Kota Cirebon secara spontan, pada tanggal 15 Agustus 1945 yang bertempat di Tuju Kejaksaan Kota Cirebon. Saat itu SJahriri mengirimkan telegram langsung kepada dokter Sudarsono setelah dipastikan Jepang menyerah kepada sekutu.

“Kita tahu bahwa Sjahrir merupakan tokoh gerakan bawah tanah dan dokter Sudarsono salah satu orang dekat SUtan Sjahrir”. Ujar Yoyon.

Dokter Sudarsono merupakan Kepala Rumah Sakit Kesambi yang saat ini menjadi RSUD Gunung Jati Kota Cirebon. Inti dari Telegram tersebut memerintahkan agar dokter Sudarsono membacakan proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Tugu Kejaksaan Kota Cirebon.

Dia mengaku, hingga saat ini tidak ada yang tahu isi teks proklamasi yang dibacakan oleh dokter Sudarsono, bahkan sang ayah sendiri mengaku lupa saat menceritakan kepada dirinya. Dokter SUdarsono merupakan paman dari Sarwono Kusuma Atmadja dan bapaknya Yuwono Sudarsono. (liputan6.com)
Proklamasi Kemerdekaan RI 15 Agustus 1945 di Cirebon