Polbangtan Harmony Festival 2020

BOGOR.WARTABOGOR.id– Puncak acara Harmony Festival 2020 yaitu pada hari Sabtu, 8 Februari 2020 bertempat di Kampus Polbangtan (Politeknik Pembangunan Pertanian) Bogor Jl. Aria Surialaga No. 1 Kel. Pasirkuda Kec. Bogor Barat Kota Bogor, festival yang sangat meriah ini ramai pengunjung.

Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pendidikan, Dr. Ismaya Nita Rianti Parawansa, SP. M.Si., serta dihadiri oleh Dr. Ir. Siswoyo, MP, selaku Direktur Polbangtan Bogor, Wakil direktur Polbangtan, Bagian Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Polbangtan Bogor, Koordinator Pembina Kemahasiswaan serta Perwakilan Kapolsek Bogor Barat .

Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhammad Ali Fikri menuturkan, acara-acara yang diselenggarakan Polbangtan Bogor pada Harmony Festival 2020 :

1.Bakti sosial

Gerakan untuk menumbuhkan rasa kepedulian diantara sesama segenap pihak internal Politeknik Pertanian Bogor, Bakti sosial ini terbagi menjadi 2, yaitu : Santunan Sembako, membantu 75 warga  kurang mampu & 30 anak yatim piatu dengan memberi bahan pokok untuk meringankan  beban mereka yang berada diwilayah sekitar kampus Polbangtan Bogor.

Kegiatan bakti sosial kedua yaitu Donor darah, bekerja sama dengan PMI Sukabumi, bertujuan untuk mengumpulkan 100 kantung darah sebagai penambah stok untuk bank darah PMI untuk menolong nyawa bagi orang yang membutuhkan,

“PMI Kota Sukabumi turut serta membantu kepada PMI kota lain apabila membutuhkan tenaga untuk melakukan kegiatan donor darah seperti ini, PMI Kota Sukabumi membutuhkan darah 1500 – 1700 kantung per harinya” ujar Januar Rahmat Hikmah selaku Aftaper PMI unit Bank Darah Kota Sukabumi.

“Penting sekali untuk menumbuhkan kesadaran sejak dini baik tingkat pelajar SMA maupun mahasiswa untuk membantu kebutuhan darah, karena darah tidak bisa dibuat oleh zat kimia, hanya bisa didapatkan dengan tubuh sesama manusia, tidak hanya penerima darah yang merasakan manfaat tetapi sebagai pendonor pun banyak manfaatnya antara lain, memelihara kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, dan pencegahan penyakit”, tambah Januar.Perlombaan

2. Lomba

Lomba Debat Bahasa Indonesia

Dengan bertemakan “Pertaniaan Saat Ini”, bahwa pertanian itu notabene hanya petani pada umumnya yang sehari-hari pasti kotor ataupun yang kurang baik, bertujuan untuk menumbuhkembangkan sikap dan pengetahuan terkait petani sekarang sesuai dengan yang digencarkan oleh Kementrian Pertanian yaitu Petani milenial kepada anak-anak jaman sekarang maka dipesertai oleh anak-anak sma tingkat sederajat.

Lomba Inovasi Teknologi Pertanian (LITP)

Sebuah media pencarian anak-anak berbakat terkait inovasi bertemakan pertanian di tingkat sma, di awali dengan 15 tim yang mendaftar, namun yang lolos seleksi tahap pengumpulan makalah sebanyak 10 tim, bagi sekolah sma yang menjadi juara, anggota timnya akan mendapatkan sertifikat dari Polbangtan Bogor, yang dapat digunakan sebagai tiket prioritas pendaftaran untuk masuk ke Polbangtan Bogor.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

Lomba Grup Band

Wadah kreatifitas untuk anak-anak tingkat SMA sederajat untuk menyalurkan hobinya dalam bermusik, serta menjadikan acara ini daya tarik tambahan untuk anak-anak sma menambah referensi tentang Politeknik ataupn Sekolah Tinggi Kedinasan.

3. Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI) Expo

Sebuah acara pengenalan dari berbagai macam Perguruan tinggi kedinasan untuk mengenalkan perguruan tinggi mereka, yang diikuti oleh 16 Perguruan Tinggi Kedinasan, yaitu :

  1. Politeknik Pembangunan Pertanian (POLBANGTAN) Bogor
  2. Politeknik Kesejahteraan Sosial (POLTEKKESOS) Bandung
  3. Politeknik Kelautan dan Perikanan (POLTEK KP)
  4. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug
  5. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) Bekasi
  6. Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) Bandung
  7. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) Bogor
  8. Politeknik Pembangunan Pertanian (POLBANGTAN) Yogyakarta Magelang
  9. Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Malahayati Aceh
  10. Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Serpong
  11. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP)
  12. Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun
  13. Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)
  14. Politeknik Statistika (POLSTAT – STIS)
  15. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta
  16. Politeknik Keuangan Negara (PKN-STAN)

“Ini juga termasuk upaya branding kampus kami, terkait transformasi nama dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Bogor ke Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor”, Ujar Ketua Pelaksana Kegiatan Harmony Festival 2020, Muhammad Ali Fikri.